EMAIL US AT info@ie2i.or.id
CALL US NOW
DONATE NOW

Gelar Aksi Beach Clean Up Day di Tuban

SuaraBanyuurip.com – Ali Imron

Tuban – Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2E) bersinergi dengan Pertamina menggelar aksi Beach Clean Up Day di Kawasan Mangrove Center Tuban, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Bersama 150 pelajar SMP/SMA wilayah setempat, lembaga tersebut mengajak bersih pantai sekaligus mendata jenis sampahnya.

“Kampanye ini tujuannya mendidik pelajar di Tuban untuk sadar akan kebersihan lingkungan,” ujar pendiri IE2I, Satya Hangga Yudha Widya Putra, kepada suarabanyuurip.com, disela bersih pantai, Sabtu (4/11/2017).

Kesadaran tersebut, salah satunya dengan membuang sampah di tempat yang benar sesuai jenis sampahnya. Untuk mewujudkan itu, pihaknya telah menyediakan tiga bak sampah jenis berbeda untuk empat sekolah di Jenu. Minimal semua stakeholder pendidikan dapat membuang sampah organik, plastik, dan kertas pada tempatnya.

Lebih dari itu, Hangga berharap program ini bisa berkelanjutan tidak untuk hari ini saja tapi untuk masa depan. Dimana hasil dari program acara ini, akan digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Impian kami ingin terus menyosialisasikan program ini ke seluruh Indonesia khususnya di sekitar pantai,” imbuh putra dari Wakil Ketua Komisi VII, Satya Widya Yudha.

Pendiri IE2I lain, Diah Roro Esti Widya Putri, menambahkan, pelajar harus mengetahui sejak dini apa akibatnya jika membuang sampah sembarangan. Bukan hanya beresiko pada pencemaran lingkungan, melainkan juga pada kesehatan manusia.

Tak pelak, adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak berfikir kedua kali untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, mereka juga mengetahui komponen sampah dan berapa volumenya.

Dalam kesempatan yang sama, Satya Widya Yudha, mendorong semua pihak mewujudkan pantai di Indonesia bebas sampah. Hal ini karena Indonesia pada tahun 2015 lalu, telah meratifikasi perjanjian Paris KOP 21 untuk menjadikan pantainya bersih.

“Pada tahun ini janji itu bakal ditagih pada pertemuan di Jerman dengan nama KOP 23,” sergahnya.

Pada KOP 23, bagi negara yang telah meratifikasi perjanjian Paris harus mampu mengurangi emisi karbon sampai 29% sampai tahun 2030 atau 41% apabila mendapat bantuan Internasional. Untuk mencapai target tersebut perlu dilakukan aksi masif, serupa Nationally Determined Contribution (NDC).

Salah satu pendamping SMK Manbail Futuh Jenu, Nur Hasan mendukung aksi yang dilakukan IE2I bersama Pertamina melalui TBBM Tuban. Semoga ada kegiatan lanjutan, supaya tidak berhenti pada hari ini saja.

“Ada 25 pelajar SMK Manbail Futuh yang berpartisipasi dalam bersih pantai sehari,” pungkasnya. (Aim)

URL: http://www.suarabanyuurip.com/kabar/baca/gelar-aksi-beach-clean-up-day-di-tuban

satya hangga

VIEW ALL POSTS

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *