EMAIL US AT info@ie2i.or.id
CALL US NOW
DONATE NOW

Gandeng Pertamina, IE2I Bersama Ratusan Pelajar Bersihkan Pantai Tuban

halopantura.com Tuban – Sebanyak 150 pelajar dari Tingkat SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Jenu, membersihkan sampah di pantai Mangrove Center, di Desa Jenu, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Aksi bersih pantai itu sebagai bentuk kepedulian terhadap pantai yang indah dan bersih, Sabtu, (4/11/2017).

Kegiatan itu digagas oleh Indonesia Energy and Environmental Institute (IE2I), dan Pertamina.  Bertajuk ‘Brach Clean – Up Day’ , dan para pelajar diberikan pemahaman tentang pentingnya membuang sampah dan pengelolaannya.

Selain itu, kegiatan tersebut sebagai upaya penyadaran diri untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Serta menumbuhkan semangat didalam jiwa pelajar untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Tujuan dari Beach Clean – Up Day atau Bersih Pantai setiap hari ini untuk mensosialisasikan anak-anak SMP dan SMA di Tuban terhadap kesadaran kebersihan lingkungan, salah satunya dengan membuang sampah di tempat yang benar sesuai dengan jenis sampahnya,” ungkap Satya Hangga Yudha Widya Putra, Pendiri IE2I.

Selain mengajak para pelajar membersihkan pantai, dalam acara yang digelar di Mangrove Center tersebut, IE2I juga memberikan tempat sampah gratis kepada sekolah-sekolah. Diantaranya, tempat sampah untuk tiga jenis sampah yaitu sampah organik, sampah plastik dan kertas.

“Program ini akan berkelanjutan ke wilayah-wilayah lain, terutama di daerah sekitar pantai,” tegas Satya Hangga Yudha Widya Putra, kepada wartawan ini.

Dia menambahkan, hasil dari program ini akan digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah. Dengan harapan, pengelolaan sampah di Indonesia akan semakin baik.

“IE2I juga mempunyai harapan untuk bisa mensosialisasikan program ini ke berbagai daerah di seluruh Indonesia khususnya di sekitar pantai,” tandasnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yuda yang hadir dalam sosialisasi pengelolaan sampah tersebut, mengungkapkan bahwa untuk menghilangkan sampah dari tepi pantai ini harus digalakkan sejak dini. Karena masalah sampah ini pantai di Indonesia ini sangat sulit diatasi. Saat ini ada 21 pantai di Indonesia yang kondisinya kritis disebabkan banyak sampahnya.

”Untuk itu Komisi VII mendorong pemerintah untuk melakukan pengelolaan sampah lebih baik lagi, kita dorong untuk menggalakkan untuk mendaur ulang sampah. Karena dengan mengurangi sampai juga akan mengurangi emisi karbon,” katanya. (Arief/roh)

URL: http://www.halopantura.com/gandeng-pertamina-ie2i-bersama-ratusan-pelajar-bersihkan-pantai-tuban/

satya hangga

VIEW ALL POSTS

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *